Fakta-Fakta Unik Seputar Rambut Perlu Diketahui

Kenali fakta seputar rambut (Foto: Healthmeup)
Camelia Sutriman
Jurnalis

YeDe Fashion - RAMBUT adalah mahkota karena itu harus dijaga dengan baik. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui seluk beluk rambut.
Berikut beberapa fakta terkait rambut yang jarang diketahui, seperti dilansir dariDailymakeover:
1. Rambut sebagian besar mengandung keratin, yaitu protein yang juga terdapat pada tanduk, kuku, cakar, bulu, dan paruh hewan.
2. Saat basah, rambut akan lebih panjang 30% daripada panjang aslinya atau ketika rambut kering.
3. Rambut tumbuh sedikit lebih cepat ketika cuaca panas. Hal ini dikarenakan suhu hangat merangsang sirkulasi dan mendorong pertumbuhan rambut.
4. Semua helai rambut “mati”, kecuali rambut yang masih berada di bawah epidermis pada kulit kepala.
5. Dalam sel-sel rambut terdapat apapun yang dikonsumsi atau yang terdapat dalam aliran darah manusia seperti narkoba. Oleh karena itu, rambut sering digunakan sebagai salah satu objek dalam tes forensik.
6. Satu-satunya objek pada tubuh manusia yang tak dapat dibedakan berdasarkan gender adalah rambut. Hal ini dikarenakan rambut laki-laki dan perempuan sangat identik.
7. Hitam merupakan warna rambut yang paling umum sedangkan merah merupakan warna rambut yang sangat jarang pada manusia. Hanya 1% dari seluruh populasi di dunia yang memilki rambut berwarna merah.
8. Ketika ada satu helai rambut yang rontok atau tercabut dari kulit kepala, maka akan segera tumbuh helai yang lain untuk menggantikannya.
9. Rambut terdiri dari 50% karbon, 21% oksigen, 17% nitrogen, 6% hidrogen, dan 5% sulfur.
10. Rambut dapat tumbuh dimanapun pada tubuh manusia. Terkecuali pada telapak tangan, telapak kaki, bibir, kelopak mata, dan membran selaput lendir.

0 Response to "Fakta-Fakta Unik Seputar Rambut Perlu Diketahui "

Post a Comment